Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Strategi Card Sort di Kelas IV SD Negeri 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar

Rahmad, Faidil (2022) Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Strategi Card Sort di Kelas IV SD Negeri 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Faidil _Rahmad _18129153_2108_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih belum optimal. Pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru masih berorientasikan Teacher Centered dimana seluruh proses pembelajaran di fokuskan kepada guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi Card Sort di kelas IV SD Negeri 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini diksanakan di SD Negeri 16 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas IV. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata skor 80,5% dengan kategori baik (B) dan pada siklus II diperoleh skor 94% dengan kategori sangat baik (A). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 84% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 95% dengan kategori sangat baik (A). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82% dengan kategori baik (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 92% dengan kategori sangat baik (A). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78 dengan kategori cukup (C) dan pada siklus II meningkat menjadi 82,7 dengan kategori baik (B). Dengan demikian strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:43
Last Modified: 12 Oct 2023 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47265

Actions (login required)

View Item View Item