Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Live Worksheets Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD

Wahyuni, Chintia (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Live Worksheets Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Chintia _Wahyuni _17129304_1643_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perangkat pembelajaran berupa LKPD dalam proses pembelajaran. Seiring berkembangnya teknologi dalam dunia pendidikan, guru pun harus bisa memanfaatkan teknologi sebagai suatu pembaharuan dalam proses pembelajaran. Salah satu hal yang bisa dilakukan guru adalah dengan membuat LKPD yang berbasis pada teknologi. Salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan guru dalam pembuatan LKPD adalah dengan menggunakan Web Live Worksheets berbasis pada Discovery Learning. LKPD ini berbentuk online interaktif sekaligus otomatis mengoreksi. Peserta didik dapat mengerjakan lembar kerja secara online dan mengirimkan jawaban mereka kepada guru juga secara online. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian pengembangan dengan metode research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four- D) yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan di SDN 12 Pisang. LKPD yang dirancang divalidasi oleh validator kemudian diujicobakan di kelas IV SDN 12 Pisang yang berjumlah 27 orang untuk mengetahui praktikalitas produk yang dikembangkan. Hasil Penelitian ini adalah produk berupa LKPD menggunakan Live Worksheets berbasis Discovery Learning untuk peserta didik kelas IV SD. Hasil analisis terhadap instrumen validasi materi adalah 93,33%, validasi kebahasaan adalah 90%, dan validasi media adalah 92,72%. Rata-rata nilai akhir validasi terhadap pengembangan produk LKPD yang telah dilakukan adalah 92,01%, maka LKPD yang dikembangkan berkategori sangat valid. Tingkat praktikalitas LKPD dari guru sebesar 97,14% dengan kategori sangat praktis dan tingkat praktikalitas LKPD oleh peserta didik mencapai nilai praktikalitas sebesar 91,38% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:06
Last Modified: 12 Oct 2023 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47260

Actions (login required)

View Item View Item