Sari, Adhani Indah
(2023)
Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Menggunakan Media Dekak-Dekak bagi Anak Tunagrahita Ringan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Latar belakang dari pelaksanaan penelitian ini adalah ditemukannya salah seorang anak tunagrahita ringan kelas VII di SLB Perwari Padang yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran operasi hitung pengurangan. Berdasarkan hal tersebut dikemukakan suatu rumusan masalah penelitian yaitu "Apakah media dekak-dekak dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung pengurangan bagi anak tunagrahita ringan kelas VII di SLB Perwari Padang?". Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan media dekak-dekak terhadap kemampuan anak tunagrahita ringan serta meningkatkan kemampuan operasi hitung pengurangan bagi anak tunagrahita ringan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan pendekatan subjek tunggal atau single subject research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A-B-A yang terdiri dari tiga kondisi yaitu baseline (Al), intervensi (B), dan baseline (A2). Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui teknik tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui teknik analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kemampuan operasi hitung pengurangan subjek pada kondisi baseline (Al) didapatkan persentase 40%, 50%,
50%, 50%. Pada kondisi intervensi (B) kemampuan subjek didapatkan persentase 70%, 80%, 80%, 90%, 90%, 90%, 90%. Serta kemampuan operasi hitung pengurangan subjek pada kondisi baseline (A2) didapatkan persentase 90%, 90%,
90%, 90%. Berdasarkan data tersebut, kemampuan operasi hitung pengurangan subjek meningkat. Dapat dikatakan bahwa media dekak-dekak berpengaruh dalam
meningkatkan kemampuan operasi hitung pengurangan bagi anak.
Actions (login required)
|
View Item |