Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Elemen Rencana Anggaran Biaya dan Penjadwalan di SMKN 1 Sungai Rumbai.

Elisany, Rindu (2023) Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Elemen Rencana Anggaran Biaya dan Penjadwalan di SMKN 1 Sungai Rumbai. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_RINDU_ELISANY_19061018_5643_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang masih dilaksanakan dengan model konvensional seperti metode ceramah mengakibatkan hasil belajar yang rendah dan keterlibatan peserta didik yang minim pada pembelajaran Rencana Anggaran Biaya dan Penjadwalan (RABP). Berdasarkan hal tersebut model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan 2 siklus. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI DPIB SMKN 1 Sungai Rumbai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan soal tes objektif, lembar observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa PjBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran RABP materi menyusun volume pekerjaan menggunakan Microsoft Excel. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan klasikal yaitu 60% pada siklus 1 menjadi 80% pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBody, RevianUNSPECIFIED
CorrectorAbdullah, RijalUNSPECIFIED
CorrectorYustisia, HennyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, PROJECT BASED LEARNING, RENCANA ANGGARAN BIAYA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:11
Last Modified: 11 Oct 2023 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47251

Actions (login required)

View Item View Item