Pemanfaatan Aplikasi Discord sebagai Media Pembelajaran Alternatif Daring di Masa Pandemi di Prodi PTB FT UNP.

Sucipto, Muhammad Adi (2023) Pemanfaatan Aplikasi Discord sebagai Media Pembelajaran Alternatif Daring di Masa Pandemi di Prodi PTB FT UNP. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_MUHAMMAD_ADI_SUCIPTO_16061097_5176_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ditengah kondisi pandemi wabah Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia, membuat Pemerintah Republik Indonesia membuat beberapa kebijakan dan aturan yang bertujuan memutuskan mata rantai wabah Covid-19. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 ini mengatur tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Proses belajar dan mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka baik di sekolah maupun di Perguruan Tinggi, kini dialihkan ke sistem online atau daring. Namun seiring berkembangnya zaman dan teknologi terdapat beberapa aplikasi yang menyediakan jasa video conference, diantaranya Skype, Zoom Meeting, Google Meet, Discord, Face Time, dan lain sebagainya yang dapat dimanfaatkan sebuah instansi pendidikan sebagai media pembelajaran. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di masa pandemi adalah Discord. Meski begitu aplikasi discord mungkin cukup asing untuk digunakan. Dengan adanya penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan aplikasi discord yang digunakan dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini dlakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Penelitian dilakukan pada mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan angkatan 2019. Sampel penelitian diambil sebanyak 59 orang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa aplikasi discord cukup dikenal dikalangan mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik UNP. Aplikasi discord merupakan aplikasi media daring yang lebih sering digunakan oleh gamers, namun aplikasi discord ini cukup mampu menjadi salah satu media pembelajaran daring alternatif dari sekian banyaknya pilihan media pembelajaran daring yang lebih umum digunakan. Penilaian ini dapat dilihat dari hasil derajat pencapaian dengan skor 69,25% yang termasuk dalam kategori sedang. Aplikasi discord dapat dikatakan bermanfaat jika digunakan dengan menyesuaikan pembelajaran yang diinginkan dan hasil pencapaian yang diinginkan dalam proses pembelajaran tersebut. Harus disesuaikan dengan fitur yang terdapat didalamnya sehingga dapat dipergunakan dengan sesuai kebutuhan kita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndayono, TotohUNSPECIFIED
CorrectorSandra, NevyUNSPECIFIED
CorrectorGusmareta, YuwalitasUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN DARING, APLIKASI DISCORD
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:21
Last Modified: 11 Oct 2023 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47241

Actions (login required)

View Item View Item