Kemandirian Belajar Siswa saat Pembelajaran Daring dan Implikasinya dalam Layanan Bimbinganan Konseling

Chairunnisya, Poejha (2022) Kemandirian Belajar Siswa saat Pembelajaran Daring dan Implikasinya dalam Layanan Bimbinganan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Poejha_Chairunnisya_17006163_1422_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena siswa MTsN 3 Padang yang belum memiliki kemandirian belajar seperti kurangnya inisiatif, siswa tidak mampu mengatasi masalahnya sendiri dalam belajar, masih meminta bantuan kepada orang lain dalam mengerjakan tugas, siswa tidak dapat merencanakan dan memilih kegiatan belajar sendiri, terlambat mengumpulkan tugas, tidak dapat menentukan tujuan dalam belajar seperti hanya ikut-ikutan saja, siswa tidak mau mencari sumber lain dalam belajar dan hanya mengandalkan dari sumber guru saja. Kemandirian belajar dimana individu dapat mengambil inisiatif dengan tanpa bantuan orang lain saat pembelajaran daring dengan begitu akan akan terjadi proses perubahan dalam diri individu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa saat pembelajaran daring di MTsN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah sebanyak 700 orang siswa dan sampel dalam penelitian ini 255 siswa MTsN 3 Padang yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk angket kemandirian belajar siswa. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif . Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemandirian belajar siswa saat pembelajaran daring pada umumnya berada pada kategori cukup mandiri. Berdasarkan masing-masing aspek yaitu pada aspek evaluasi diri terdapat kategori mandiri, pada aspek mengukur dan mengubah terdapat kategori sangat mandiri, pada aspek menetapkan tujuan dan perencanaan terdapat kategori cukup mandiri, pada aspek mencari infromasi terdapat ketegori cukup mandiri, pada aspek menyimpan catatan dan memantau terdapat kategori tidak mandiri, pada aspek mengatur lingkungan terdapat kategori cukup mandiri, pada aspek konsekuensi diri terdapat kategori cukup mandiri, pada aspek mengulang dan mengingat terdapat kategori sangat mandiri, lalu pada aspek mencari dukungan sosial terdapat kategori cukup mandiri, dan aspek memeriksa catatan terdapat kategori cukup mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
CorrectorYarmis, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:18
Last Modified: 11 Oct 2023 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47235

Actions (login required)

View Item View Item