Tingkat Kesiapan Guru terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka pada Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Padang.

Dewi, Melly Sentia (2023) Tingkat Kesiapan Guru terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka pada Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_MELLY_SENTIA_DEWI_19061033_5852_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka menekankan aspek kemandirian dan keberanian siswa dalam belajar, serta memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswanya. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesiapan guru terhadap penerapan Kurikulum Merdeka ditinjau dari perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, penilaian atau evaluasi pembelajaran pada kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik. Metode yang digunakan yaitu kuesioner (angket) dengan 19 pernyataan dengan 14 responden. Kuesioner (angket) disebarkan kepada guru yang mengajar di jurusan DPIB termasuk guru yang mengajar mata pelajaran umum, setelah semua data diperoleh kemudian data diolah. Tingkat kesiapan guru yang mengajar di jurusan DPIB kelas X SMK Negeri 5 Padang masuk kedalam kategori sangat siap, dimana tingkat kesiapan guru terhadap perencanaan pembelajaran sebesar 85,35%, tingkat kesiap guru terhadap Kurikulum Merdeka pada proses pembelajaran memiliki persentase sebesar 82,25% masuk kedalam kategori sangat siap, dan kesiapan guru terhadap penerapan Kurikulum Merdeka pada proses evaluasi atau penilaian memiliki persentase sebesar 85,43% masuk kedalam kategori sangat siap. Penelitian ini sangat berguna untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan guru terhadap penerapan kurikulum merdeka pada jenjang pendidikan SMK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndreas, Laras OktaviaUNSPECIFIED
CorrectorGlatman M., Glatman M.UNSPECIFIED
CorrectorZola, PrimaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GURU, KURIKULUM MERDEKA, DESAIN PEMODELAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:41
Last Modified: 11 Oct 2023 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47229

Actions (login required)

View Item View Item