Tracer Study Data Alumni pada Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Terknik Universitas Negeri Padang

Rafki, M. Teuku (2023) Tracer Study Data Alumni pada Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Terknik Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_M. TEUKU_RAFKI_18061019_5911_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil data alumni pada lulusan PTB (S1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, khususnya mengetahui berapa persentase jenis pekerjaan alumni pada lulusan Prodi PTB (S1) tahun 2019 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah lulusan Prodi PTB (S1) tahun 2019 2022. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berisikan berupa pertanyaan atau pernyataan terstruktur yang terdiri dari empat indikator yaitu: (1) Masa Tunggu dalam Pekerjaan, (2) Jenis Pekerjaan Lulusan, (3) Jumlah Gaji Pertama dan (4) Kesesuaian Pekerjaan dengan Latar Belakang Pendidikan. Prosedur pada penelitian ini diawali dengan: (1) Mengumpulkan data alumni yang telah wisuda pada tahun 2019 2022 yang telah didapatkan melalui Administrasi Departemen Teknik Sipil FT UNP, (2) Membuat instrumen dalam bentuk pembuatan kuesioner yang disusun beberapa pertanyaan atau pernyataan secara sistematis dengan jawaban multiple choice dan angket ini dalam bentuk angket tertutup, (3) Memvalidasi instrumen kepada tiga orang dosen ahli, (4) Menyebarkan instrumen melalui aplikasi WhatsAap dalam bentuk Google Form dengan alamat link yang dapat diakses oleh responden, (5) Mengolah data menggunakan program aplikasi statistik Microsoft Excel,(6) Setelah data diolah, maka sudah dapat hasil data informasi tracer study alumni Prodi PTB (S1). Cara pengolahan data pada penelitian ini menggunakan program aplikasi statistik Microsoft Excel. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data awal diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada alumni. Data sekunder adalah data yang sudah ada yaitu data jumlah alumni PTB (S1) lulus tahun 2019 - 2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah mencari persentase dari setiap item pertanyaan atau pernyataan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa yang bekerja di bidang pendidikan 23%, yang tidak memiliki pekerjaan 19,7%, yang bekerja di perusahaan swasta 11,5%, bekerja sebagai kontraktor dan yang melakukan wirausaha 9,8%, yang bekerja di BUMN 6,6%, yang bekerja sebagai konsultan dan bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) 4,9%, yang bekerja sebagai PNS dan bekerja di Lembaga Keuangan 3,3% serta yang bekerja sebagai pengawas dan Lembaga/Perusahaan Multinasional 1,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrima, Fani KeprilaUNSPECIFIED
CorrectorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorYusmar, FajriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TRACER STUDY, ALUMNI, LULUSAN PT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:06
Last Modified: 11 Oct 2023 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47216

Actions (login required)

View Item View Item