Pengembangan e-Modul Pembelajaran Gambar Teknik Kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Padang.

Nabila, Husna (2023) Pengembangan e-Modul Pembelajaran Gambar Teknik Kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_HUSNA_NABILA_19060160_5942_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dijumpai yaitu belum digunakannya modul dalam proses pembelajaran gambar teknik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) atau Research and Development. Model pengembangan ini mengacu pada model pengembangan (DDD-E) dengan 4 tahapan yakni Decide, Design, Develop, Evaluate. Subjek penelitian ini yaitu ahli media, ahli materi dan peserta didik Kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Padang sebanyak 42 orang siswa. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi untuk mendapatkan data validasi produk, dan angket respon peserta didik untuk mendapatkan praktikalitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas materi berada dalam kategori sangat valid dengan tingkat pencapaian 94,7%. Validitas media dengan tingkat pencapaian 86,4% berada dalam kategori sangat valid, sedangkan uji praktikalitas dengan tingkat pencapaian 86,5% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan pada penelitian ini adalah e-modul pembelajaran yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran Gambar Teknik Kelas X Kompetensi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBody, RevlanUNSPECIFIED
CorrectorApdeni, RismaUNSPECIFIED
CorrectorPrima, Fani KeprilaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN E-MODUL, GAMBAR TEKNIK, DESAIN PEMODELAN
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:34
Last Modified: 10 Oct 2023 06:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47206

Actions (login required)

View Item View Item