Pengaruh Model Problem Based Laerning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Periwi 1 Padang

Saputri, Elza Yulian (2023) Pengaruh Model Problem Based Laerning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Periwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Elza_Yulian_Saputri_19045011_5118_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Laerning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental. Sampel diambil secara purposive Sampling yaitu berdasarkan jumlah peserta didik yang sama. Masing – masing kelas kontrol (XI IPS 2) berjumlah 36 orang dan Kelas eksperimen (XI IPS 3) berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan melalui tes yang terdiri dari lima indikator berpikir kritis yang dikemukakan oleh Ennis. Penelitian ini menemukan terdapatnya pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran geografi. Dibuktikan dengan hasil uji N Gain skor kelas eksperimen 0,71 berkategori tinggi dan kelas kontrol 0,36 berkategori sedang. Artinya terdapat peningkatan ketrampilan berpikir kritis yang tinggi pada kelas eksperimen dengan Model Problem Based Laerning (PBL) dibandingkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kelas kontrol. Diperkuat oleh hasil uji hipotesis (uji t) diperoleh T hitung (8,69) > T (1,99) dengan taraf signifikan α = 0,05 maka H a diterima dan H ditolak. Dengan demikian hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesi yang diajukan. 0 tabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuasti, YurniUNSPECIFIED
CorrectorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:49
Last Modified: 09 Oct 2023 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47171

Actions (login required)

View Item View Item