Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Daring dan Luring pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tualang Provinsi Riau

Lusiana, Eva (2023) Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Daring dan Luring pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tualang Provinsi Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_EVA_LUSIANA_18045010_2087_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas persepsi siswa tentang pembelajaran Luring dan Daring. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis persepsi siswa tentang pembelajaran Luring dan pembelajaran Daring pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tualang Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tualang Provinsi Riau. Adapun informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS, Guru Geografi, dan Wakil Kurikulum SMA Negeri 1 Tualang. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang pembelajaran Luring pada mata pelajaran geografi mengarah ke persepsi yang positif. Siswa berpersepsi lebih menginginkan kegiatan belajar pada mata pelajaran Geografi dilakukan secara Luring daripada Daring. Hal tersebut dilihat dari pelaksanaan pembelajaran Luring yang dilakukan lebih efektif daripada pembelajaran Daring. Dikatakan efektif karena dalam pelaksanaannya siswa aktif berpartisipasi saat belajar, siswa lebih memahami materi, dan hasil belajar yang diperoleh lebih baik daripada saat Daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuasti, YurniUNSPECIFIED
CorrectorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:49
Last Modified: 09 Oct 2023 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47169

Actions (login required)

View Item View Item