Penerapan Project Based Learning pada Mata Kuliah Praktek Batudan Beton.

Zaus, Anggun Agni (2023) Penerapan Project Based Learning pada Mata Kuliah Praktek Batudan Beton. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANGGUN_AGNI_ZAUS_19061051_5791_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah pada mata kuliah Praktek Batu dan Beton yang sudah menerapkan model pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa namun mahasiswa masih belum berperan aktif sesuai dengan tuntutan merdeka belajar, mahasiswa terkesan hanya mengedepankan dosen sebagai satu-satunya sumber belajar dengan mengikuti apa yang dicontohkan oleh dosen, serta keterampilan kerja batu beton yang dimiliki oleh mahasiswa belum sesuai dengan tuntutan merdeka belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Model Pembelajaran Project Based Learning adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan pada mata kuliah Praktek Batu dan Beton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana keterampilan kerja batu dan beton mahasiswa pada mata kuliah Praktek Batu dan Beton dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan rancangan One Shoot Case Study. Penelitian ini dilaksanakan di Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang pada semester genap Januari-Juni 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah satu kelas mahasiswa berjumlah 10 orang yang mengambil mata kuliah Praktek Batu dan Beton. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket penilaian keterampilan Project Based Learning. Teknik Analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan bantuan Microsoft Office Excel. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan kerja batu dan beton mahasiswa pada materi pekerjaan struktur pada bangunan dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil Tingkat Capaian Responden dari keenam komponen penilaian keterampilan sebesar 83.85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyah, NurhasanUNSPECIFIED
CorrectorAbdullah, RijalUNSPECIFIED
CorrectorZuwida, NidalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, PROJECT BASED LEARNING, BETON
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:49
Last Modified: 09 Oct 2023 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47168

Actions (login required)

View Item View Item