Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XII SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Utami, Messy Yusditia (2023) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XII SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_ MESSY_YUSDITIA_UTAMI_18061017_2941_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung kelas XII di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasional dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode penyebaran angket. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dari semua populasi yaitu siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dan Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan jumlah siswa 53. Hasil penelitian yang dilakukan dari uji korelasi diketahui jika untuk kebiasaan (X) dan hasil belajar (Y) adalah sebesar 0,445 ≥ 0,271, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kebiasaan (X) dan hasil belajar (Y) dan kriteria kekuatan hubungannya sedang. Sedangkan dari hasil analisis uji t, diketahui jika (3,549) ≥ dari pada (1,674) dengan taraf signifikan 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak. Kemudian dari pengujian koefisien determinasi dapat dilihat bahwa hasilnya adalah 0,445 atau sama dengan 19,8% yang ditunjukkan oleh R square (angka korelasi yang dikuadratkan), artinya bahwa pengaruh dari X (Kebiasaan Belajar) terhadap Y (Hasil Belajar) yaitu 19,8% sedangkan 80,2% dipengaruhi oleh faktor lain sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang lemah antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorInra, AzwarUNSPECIFIED
CorrectorMardizal, JonniUNSPECIFIED
CorrectorJuliafad, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BELAJAR, HASIL BELAJAR, APLIKASI
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:07
Last Modified: 09 Oct 2023 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47156

Actions (login required)

View Item View Item