Vigo, Vigo
(2022)
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate
Storyline pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengembangan multimedia interaktif dilatar belakangi karena belum
tersedianya media pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik secara
mandiri dalam proses pembelajaran secara daring dan luring, sehingga
mengakibatkan rendahnya perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran.
Selain itu fasilitas teknologi kurang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di
sekolah oleh guru. Oleh sebab itu, tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan
multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada mata pelajaran IPS kelas
VIII SMP.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research &
Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan
penelitian, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan
(development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation).
Pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang terdiri dari lembar validasi
materi, lembar validasi media, serta angket respon dari peserta didik. Subjek uji
coba pada penelitian ini adalah 15 orang peserta didik di kelas VIII SMP N 1
Lengayang, kecamatan lengayang.
Berdasarkan hasil penilaian uji kelayakan oleh validator materi dan validator
media, diperoleh hasil validasi dari validator materi 1 dengan rata-rata 4,77
dikategorikan sangat baik. Hasil validasi dari validator materi 2 dengan rata-rata
4,83 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi dari validator media 1 dengan rata-rata 4,94 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi dari validator media 2
diperoleh rata-rata sebesar 4,86 dengan kategori sangat baik. Hasil uji praktikalitas
diperoleh rata-rata 4,80 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji validitas dan
praktikalitas yang dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa multimedia interaktif
berbasis articulate storyline pada mata pelajaran IPS kelas VIII valid dan praktis
digunakan pada mata pelajaran IPS.
Actions (login required)
|
View Item |