Pengembangan E-Booklet sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sejarah untuk Siswa SMA

Wahyuni, Dera Suci Tri (2023) Pengembangan E-Booklet sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sejarah untuk Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_DERA_SUCI_TRI_WAHYUNI_19046013_1531_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini kurang bervariasinya bahan ajar yang menggunakan teknologi oleh guru dan siswa dalam pembelajaran Sejarah, didominasi bahan ajar yang menggunakan cetak, kurangnya pemafaatan bahan ajar yang berteknologi, dan bahan ajar yang digunakan hanya sedikit menampilkan visualisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran Sejarah Indonesia yang menggunakan tenologi terkini yaitu bahan ajar elektronik, khususnya pada materi Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Devolopment dengan model ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu: Analysis, Design, Development,Implementation, dan Evaluation. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar e-booklet yang berbasis elktronik, menganalisis tingkat kelayakan dari bahan ajar e-booklet, dan menganalisis kepraktisan bahan ajar e-booklet. Pada tahap pengumpulan data teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan lembar angket. Untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diukur menggunakan skala Likert. Uji kelayakan bahan ajar e-booklet dilakukan oleh beberapa para ahli yakni ahli materi, ahli bahan ajar yang dilakukan oleh dosen sejarah. Pada uji praktikalitas dilakukan pada guru Sejarah dan siswa kelas X fase E.8 SMAN 8 Padang dengan menggunakan angket secara langsung. Hasil analisis uji kelayakan ahli materi Sejarah Indonesia berada pada kategori sangat layak dengan rata-rata sebesar 3,66. Hasil uji kelayakan ahli bahan ajar dilakukan sebanyak dua kali, pada validasi pertama mendapatkan skor pada kategori sangat layak dengan rata-rata 3,54. Setelah bahan ajar di revisi dan di uji kelayakan ulang mendapatkan skor pada kategori sangat layak dengan rata-rat 3,81. Kemudian analisis bahan ajar e-booklet diuji praktikalitas sebagai bahan ajar pembelajaran sejarah Indonesia dari guru dan siswa, untuk uji praktikalitas dari guru sejarah mendapatkan rata-rata 3,73 berada pada kategori sangat praktis. Bahan ajar e-booklet diujikan langsung kepada siswa dalam kelas dengan praktik pembelajaran, hasil analisis praktikalitas bahan ajar e-booklet oleh siswa dengan memperoleh hasil rata-rata 3,43 yang berada pada kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan e-booklet pada pembelajaran Sejarah Indonesia materi Proses masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia, layak dan praktis digunakan sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHastuti, HeraUNSPECIFIED
CorrectorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
CorrectorKarima, Elfa MichelliaUNSPECIFIED
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:36
Last Modified: 06 Oct 2023 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47147

Actions (login required)

View Item View Item