Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 03 Pakan Labuah Kota Bukittingi

Haikal. JB, Ahmad (2022) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 03 Pakan Labuah Kota Bukittingi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Ahmad_Haikal._JB_17004074_1927_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil yang dilakukan di SDN 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi, terlihat bahwa hasil belajar dalam pembelajaran Tematik kelas IV SD masih rendah, hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih di dominasi oleh guru dan ditambah akibat dari pandemi covid 19 yang melanda pendidikan di dunia termasuk Indonesia. Sehingga membutuhkan media pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media video tutorial terhadap hasil belajar Bimbingan TIK pada kelas VIII SMP N 4 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 2 kelas yang berjumlah 46 orang dengan teknik penarikan sampel Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang dibagi atas 2 kelompok yaitu kelas IVA kelompok eksperimen dan kelas IVB kelompok kontrol. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis sebagai syarat untuk melakukan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan t-tabel. Hasil penelitian ini didapat nilai rata-rata yang menggunakan pembelajaran cooperative tipe group investigation berbantuan video adalah 83,13 dan Standar Deviasi sebesar 13,264, sedangkan rata-rata nilai pembelajaran konvensional yaitu dengan nilai rata-rata 62,78 dan standar deviasi sebesar 7.860. Berdasarkan perhitungan uji t-test diperoleh thitung 15.042 dengan taraf signifikan α = 0,05, dengan ttabel 2.080. Dengan demikian pemanfaatan pembelajaran cooperative tipe group investigation berbantuan video efektif terhadap hasil belajar Tematikk di kelas IV SDN 03 Pakan Labuah Bukittinggi pada tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorZuwirma, ZuwirmaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:11
Last Modified: 05 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47109

Actions (login required)

View Item View Item