Faira, Yolanda
(2022)
Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Peningkatkan Pembelajaran Bangun Datar Bagi Siswa
Tunadaksa di SLB N 2 Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa tunadaksa yang
masih belum menguasi pembelajaran keliling dan luas bangun datar. Sehingga
mengakibatkan anak tidak paham ketika dihadapkan dengan berbagai soal bangun
datar yang menyangkut hitungan keliling dan luas yang ditemukan dalam
pembelajaran sekolah, yang juga di persulit dengan penggunaan media yang masih
kurang efektif. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penulis penelitian ini
bertujuan untuk membuktikan efektifitas dari penggunaan multimedia interaktif
dalam pembelajaran bangun datar pada siswa tunadakasa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen dalam bentuk SSR (Single Subject Research) dengan desain A1-B-A2.
Teknik analisis data yaitu dengan analisis visual grafik. Pengumpulan data melalui
observasi langsung dan menggunakan jenis pengukuran dalam bentuk persentase
(%) dengan mencatat data memakai format pengumpulan data yaitu instrument tes
berbentuk ceklis. Desain A1-B-A2 yang dilakukan selama 17 sesi pengamatan
dengan subjek tunggal. Kondisi baseline (A1) terdiri dari 5 sesi, kondisi intervensi
(B) terdisi dari 7 sesi, dan kondisi baseline (A2) 5 sesi. Subjek penelitiannya adalah
siswa tunadaksa berjenis kelamin perempuan kelas IX di SLB N 2 Pariaman.
Berdasarkan dari analisis kondisi (A1-B-A2) di dapatkan anak mampu
menghitung keliling dan luas setelah diberikan intervensi. Hal ini dibuktikan
dengan hasil persentase penelitian dari kondisi awal baseline (A1) yang hanya
diperoleh oleh siswa sebanyak 10%, yang meningkat pada kondisi intervensi (B)
yaitu siswa memperoleh persentase 70% dan pada kondisi baseline akhir (A2)
persentase yang diperoleh adalah 80%. Jadi berdasarkan dari hal tersebut terbukti
bahwa kemampuan dalam pembelajaran bangun datar materi keliling dan luas dapat
meningkat secara positif dengan dilakukannya intervensi dengan menggunakan
multimedia interaktif.
Actions (login required)
|
View Item |