Firdianza, Oldy
(2022)
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kincir Pintar Bagi Anak Tunagrahita Ringan ( Single
Subject Research kelas VI di SLB N 1 Ranah Pesisir ).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
laan Melalui Media Kincir Pintar Bagi Anak Tunagrahita Ringan ( Single Subject
Research kelas VI di SLB N 1 Ranah Pesisir ). Peneliti melakukan pengamatan pada
satu kelas VIC terlihat ada seorang siswa berinisian SM yang masih kesulitan dalam
membaca. Seperti membaca teks narasi “benda-benda disekitar”, berawalan huruf
“a”yang mana terdiri dari kata apel, atap, apar, dan lain. Agar siswa bisa membaca,
maka dimulai dari membaca suku kata berpola VK-VK(vokal konsonan-vokal
konsonan) terlebih dahulu.
Penelitian ini adalah penelitian SSR (Single Subject Research) atau penelitian
subjek tunggal, dengan menggunakan desain A-B-A. Kondisi baseline awal (A1) yaitu
kemampuan membaca permulaan subjek belum diberikan perlakuan. Kondisi intervensi
(B) pada kondisi ini subjek diberikan perlakuan dengan menggunakan media kincir
pintar. Dan baseline akhir (A2) kemampuan subjek setelah diberikan perlakuan atau
intervensi. Target behavior pada penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan
suku kata berpola VK-VK (vokal konsonan-vokal konsonan). Teknik analisi data dalam
penelitian ini menggunakan anlisis visual dan grafik (Visual Analisis Of Grafic Data).
Pada kondisi baseline awal (A1) kondisi awal membaca permulaan suku kata
berpola VK-VK (vokal konsonan-vokal konsonan) dengan mean level 0, kondisi
intervensi (B) mean level 80 dan pada kondisi baseline akhir (A2) dengan mean level
80. Hasil analisi data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecenderungan
arah, kecenderungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan
peningkatan membaca permulaan suku kata berpola VK-VK (vokal konsonan-vokal
konsonan) menggunakan media kincir pintar yaitu meningkat atau positif dengan
persentase kecenderungan stabilitas 100%. Persentase overlap data pada kondisi
baseline awal (A1) 12%, dan kondisi baseline akhir (A2) 12%. Dengan hasil yang
didapatkan media kincir pintar dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan
Melalui Media Kincir Pintar Bagi Anak Tunagrahita Ringan ( Single Subject Research
kelas VI di SLB N 1 Ranah Pesisir ). Peneliti merekomendasikan kepada guru
menggunkan media kincir pintar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak
tunagrahita ringan
Actions (login required)
|
View Item |