Pengaruh Lokasi dan Gedung Perpustakaan Terhadap Minat Kunjung Pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat

Sari, Chindy Komala (2023) Pengaruh Lokasi dan Gedung Perpustakaan Terhadap Minat Kunjung Pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_CHINDY_KOMALA_SARI_18234072_557_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) tanggapan pemustaka tentang lokasi dan gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat; (2) pengaruh lokasi dan gedung perpustakaan terhadap minat kunjung pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif melalui penyebaran kuesioner sebagai sumber data. Populasi dalam penelitian ini merupakan pemustaka yang berkunjung ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat pada bulan Mei yaitu sebanyak 3156 dan sampel berjumlah 97 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan teknik accindental sampling. Analisis data dilakukan melalui 3 tahap, yaitu tabulasi, uji korelasi dan uji regresi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil yang didapat disimpulkan sebagai berikut: (1) tanggapan pemustaka terhadap kondisi lokasi dan gedung perpustakaan dinilai baik oleh pemustaka, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya responden yang memilih setuju dengan kondisi lokasi dan gedung perpustakaan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat; (2) adanya pengaruh sebesar 0,771a antara lokasi dan gedung perpustakaan terhadap minat kunjung pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat yang berkorelasi kuat jika dilihat pada pedoman derajat hubungan yang menjelaskan apabila Nilai Pearson Correlation sebesar 0,61-0,80 maka berada pada kategori korelasi kuat. Dengan demikian pengujian hipotesis yang dilakukan diterima dengan terbuktinya hipotesis Ha atau hipotesis kerja yang menyatakan bahwa adanya pengaruh antara variabel X1 (lokasi perpustakaan) dan X2 (gedung perpustakaan) terhadap variabel Y (minat kunjung).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:37
Last Modified: 04 Oct 2023 08:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47085

Actions (login required)

View Item View Item