Efektivitas Keyboard Braille untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Dokumen di Microsoft Word bagi Siswa Tunanetra Kelas XI di SMKN 7 Padang

Islamiati, Arona (2022) Efektivitas Keyboard Braille untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Dokumen di Microsoft Word bagi Siswa Tunanetra Kelas XI di SMKN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_Arona_ Islamiati_ 18003175_1826_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memaparkan tentang peningkatan pembelajaran mengenal benda peninggalan sejarah dengan menggunakan field trip method bagi anak tunadaksa kelas IV, yang didasari dari permasalahan yang ditemukan peneliti di lapangan anak tunadaksa belum terkonsep secara baik dalam mengenal benda peninggalan sejarah. Dimana pembelajaran ini berguna untuk anak agar anak mampu merawat dan melestarikan benda peninggalan sejarah yang ada di lingkungan terdekatnya. Kelas IV ini terdapat tiga orang anak tunadaksa yang berinsial M, R dan Y dengan klasifikasi cerebral palsy. Proses dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan menggunakan media berupa kartu gambar yang diperlihatkan kepada anak di depan kelas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat proses pembelajaran mengenalkan benda peninggalan sejarah dengan menggunakan field trip method dan melihat apakah dengan menggunakan field trip method dapat terjadinya peningkatan pembelajaran mengenal benda peninggalan sejarah kepada anak tunadaksa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu suatu jenis penelitian yang dilaksanakan oleh guru di tempat guru mengajar dengan menekankan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praksis pembelajaran. Dimana penelitian ini terbagi menjadi dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran sebelumnya dengan cara berkolaborasi bersama guru. Pemerolahan data dalam peningkatan pembelajaran mengenal benda peninggalan dengan menggunakan field trip method bagi anak tunadaksa yaitu dengan observasi, tes lisan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dideskripsikan dalam bentuk narasi yang dilengkapi dengan grafik dari hasil peninggkatan pembelajaran mengenal benda peninggalan sejarah. pelaksanaan dalam siklus I anak memproleh hasil M 51%, R 62% dan Y 55%. Pelaksanaan dalam siklus II anak memperoleh hasil M 85%, R 89% dan Y 86%. Dari perolehan hasil dapat disimpulkan bahwa dapat terjadinya peningkatan pembelajaran mengenal benda peninggalan sejarah dengan menggunakan field trip method bagi anak tunadaksa kelas IV di SLB Negeri 1 Lubuk Sikaping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorArmaini, ArmainiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:27
Last Modified: 04 Oct 2023 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47073

Actions (login required)

View Item View Item