Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci

Deya, Miftahul Putri (2023) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_MIFTAHUL_PUTRI_DEYA_19016105_4980_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci sebelum menggunakan model project based learning berbantuan lingkungan. Kedua, mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci sesudah menggunakan model project based learning berbantuan lingkungan. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model project based learning berbantuan lingkungan terhadap keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest dan Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci sebanyak 74 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas VIII B sebanyak 24 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks puisi sebelum dan sesudah menggunakan model project based learning berbantuan lingkungan. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks puisi menggunakan model project based learning berbantuan lingkungan. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci sebelum menggunakan model project based learning berbantuan lingkungan berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 67,53. Kedua, keterampilan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci sesudah menggunakan model project based learning berbantuan lingkungan berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 77,58. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n – 1 karena ttabel < thitung, yaitu 4,80 > 1,73. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model project based learning berbantuan lingkungan dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks puisi. Hal ini disebabkan metode ini bisa membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PROJECT BASED LEARNING, KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:05
Last Modified: 04 Oct 2023 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47069

Actions (login required)

View Item View Item