Analisis Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan oleh Mahasiswa Geografi pada Program Asistensi Mengajar Internasional di Malaysia

Zebua, Anna Mariana (2023) Analisis Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan oleh Mahasiswa Geografi pada Program Asistensi Mengajar Internasional di Malaysia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Anna_Mariana_Zebua_19045058_2986_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan Internasional melalui Program Asistensi Mengajar Internasional merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Departemen Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa dan pengalaman nyata dalam dunia pendidikan lintas negara. Asistensi Mengajar Internasional terkait dengan proses pembelajaran kolaboratif dalam mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanan program asistensi mengajar yang berlangsung di Malaysia selama satu bulan lebih di mulai dari tanggal 19 desember 2022 sampai tanggal 8 februari 2023. Penempatan mahasiswa program studi pendidikan geografi berada di 3 sekolah yang berbeda yaitu SMK Proton City, SMK Methodist, dan SMK Khir Johari yang berada di daerah Tanjong Malim, Perak, Malaysia. Jenis penelitian ini adalah penelitian mix method. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa program studi Pendidikan Geografi Angkatan 2019. Teknik dalam pengumpulan data adalah observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan menggunakan statistik deskriptif melalui pengolah data menggunakan Microsoft Office Excel. Adapun kriteria persentase tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan Program Asistensi Mengajar Internasional antara lain: 1) Sangat Menguasai berada pada interval 84%-100%, 2) Menguasai terdapat pada kategori 68%-83%, 3) Kurang Menguasai 52%-67%, 4) Tidak Menguasai 36%-51%, dan 5) Sangat Tidak Menguasai 20%-35%. Untuk data kualitatif menggunakan teknik analisis triangulasi data yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik, dan triangulasi teori Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa menguasai praktek mengajar yang ditunjukkan dengan angket persepsi murid di tiga sekolah yang berbeda masingmasing berada pada tingkat menguasai yaitu SA 88%, AMZ 89%, RL 89%, dan MNZ 89%. Sedangkan persentase setiap aspek adalah 1) Pembuatan RPH berada pada kategori sangat menguasai yaitu 84%, 2) Persediaan dan Set Induksi berada pada kategori sangat menguasai yaitu 88%, 3) Langkah 1 dan Langkah 2 masing-masing pada kategori sangat menguasai yaitu 87.1%-88.2%, dan 4) Penutup dan Penilaian berada pada kategori menguasai yaitu 91.4% dan 90%. Sedangkan berdasarkan wawancara terhadap beberapa informan menunjukan pelaksanaan Program Asistensi Mengajar Internasional berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:22
Last Modified: 02 Oct 2023 08:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47041

Actions (login required)

View Item View Item