Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1Tanjuang Baru Kabupaten Tanah Datar

Azzahra, Hanifah (2023) Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1Tanjuang Baru Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_HANIFAH_AZZAHRA_19016092_4035_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dua hal berikut, yaitu mendeskripsikan struktur yang terdapat pada teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjuang Baru dan menjelaskan unsur kebahasaaan pada teks eksplanasi karya siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjuang Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah struktur dan kebahasaan dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjuang Baru. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjuang Baru berjumlah 20 teks. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknikpengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Teknik pengabsahan data dalampenelitian ini adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, dilihat dari segi struktur tekseksplanasi, terdiri atas judul, pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi. Dari20 teks eksplanasi siswa yang dianalisis, secara umum masih kurang. Hal ini terbuktidengan terdapatnya 20 teks yang memiliki struktur judul, 19 teks yang memiliki struktur pernyataan umum, 20 teks yang memiliki struktur deretan penjelas dan 11 teks yang memiliki struktur interpretasi. Kedua, dilihat dari segi unsur kebahasaan teks eksplansi. Unsur kebahasaan teks eksplanasi terdiri dari konjungsi kausalitas, konjungsin kronologis dan EYD. Penggunaan konjungsi kausalitas siswa hanya 4 teks yang menggunakan konjungsi kausalitas. Penggunaan konjungsi kausalitas tersebut sudah tepat. Siswa yang menggunakan konjungsi kronologis pada teks eksplanasi yaitu sebanyak 9 teks eksplanasi. Selanjutnya, penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan, ditemukan 189 penggunaan huruf kapital yang tepat, 102 penggunaan huruf kapital yang tidak tepat. Penggunaan kata depan ditemukan 82 penggunaan kata depan yang tepat dan 26 penggunaan kata depan yang tidak tepat. Penggunaan tanda titik ditemukan 199 penggunaan tanda titik yang tepat dan 5 penggunaan tanda titik yang tidak tepat. Penggunaan tanda koma ditemukan 76 penggunaan tanda koma yang tepat dan 35 penggunaan tanda koma yang tidak tepat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa struktur dan unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1Tanjuang Baru masih kurang. Dilihat dari unsur kebahasaan, penggunaan konjungsi kausalitas kurang, penggunaan konjungsi kronologis kurang, penggunaan huruf kapital kurang, penggunaan kata depan baik, penggunaan tanda titik sangat baik dan penggunaan tanda koma kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:48
Last Modified: 29 Sep 2023 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46969

Actions (login required)

View Item View Item