Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume dan Strategi True or False Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI di SMA N 4 Payakumbuh

Pratama, Afil Putra (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume dan Strategi True or False Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI di SMA N 4 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Afil_Putra_Pratama_18045040_1683_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Resume dan strategi True or False terhadap hasil belajar geografi kelas XI di SMAN 4 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, dengan menggunakan metode eksperimen berupa model quasi experimental. Dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas control. Untuk Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Random sampling dengan jumlah sample 68 siswa. Data dalam penelitian berupa tes hasil belajar siswa kelas XI IPS. Dengan Teknik pengumpulan data berupa Kuesioner, Tes hasil belajar berupa Pretest dan Posttest serta dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan ketuntasan individu, uji normalitas, uji homogenitas beserta uji T untuk menentukan hipotesis. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis efektifitas menggunakan N- Gain, didapatkanlah hasil efektifitas yang cukup efektif untuk kelas eksperimen sebesar 73%, sedangkan untuk kelas kontrol didapatkanlah hasil efektifitas sebesar 53% dimana ini kurang efektif untuk diterapkan. Berdasarkan Uji Determinan terdapat pengaruh yang simultan antara variabel Group Resume dan True or False yang bisa menjelaskan variabel hasil belajar sebesar 80%, artinya variabel Group resume dan True or False dapat mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNova, SariUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:57
Last Modified: 29 Sep 2023 03:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46964

Actions (login required)

View Item View Item