Rafsanjani, Akbar
(2023)
Pemanfaatan WebGIS sebagai Sumber Belajar
Geografi pada Materi Potensi Fisik dan Sosial di Nagari Koto Sani.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang begitu masif telah mewajibkan
sektor pendidikan untuk segera beradaptasi. Sektor pendidikan sebagai sektor
penting harus dapat melakukan berbagai macam perubahan yang berorientasi pada
masa depan termasuk perubahan dari segi pengembangan sumber belajar.
Perkembangan teknologi harus sejalan dengan perkembangan pendidikan dan
begitu juga sebaliknya, ini merupakan ciri pembelajaran abad 21. Sumber belajar
berbasis WebGIS merupakan salah satu bentuk adaptasi dunia pendidikan terhadap
perkembangan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana proses reka cipta WebGIS sumber belajar Geografi pada materi potensi
fisik dan sosial dan untuk mengetahui tingkat praktikalitas sumber belajar berbasis
WebGIS.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data yang digunakan
adalah data kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
ArcGIS Online dan uji praktikalitas. ArcGIS Online merupakan salah satu
platform pemetaan digital yang banyak digunakan pada saat ini, uji praktikalitas
digunakan untuk melihat sejauh mana WebGIS sumber belajar dapat membantu
proses pembelajaran Geografi. Uji praktikalitas ini dilakukan oleh 2 orang guru
dan 30 orang siswa.
Penelitian ini menghasilkan luaran WebGIS sumber belajar Geografi yang
dapat diakses pada https://bit.ly/sumberbelajarwebgis dan juga hasil uji
prktikalitas oleh guru dan siswa. adaptasi teknologi terhadap dunia pendidikan
sangat penting dengan tujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.
Actions (login required)
|
View Item |