Pengembangan E-Modul Menggunakan Model Inquiry Based Online Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik

Ananda, Prima Nora (2023) Pengembangan E-Modul Menggunakan Model Inquiry Based Online Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Prima_Nora_Ananda_20175012_4863_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kehadiran era revolusi industri 4.0 mempengaruhi banyak bidang yaitu industri, pendidikan, serta teknologi. Salah satu usaha dalam menghadapi kemajuan zaman era revolusi 4.0 adalah dengan meningkatkan kualitas manusia seperti konektivitas manusia, membangun ketahanan digital serta akuntabilitas digital. Terkait usaha peningkatan sumber daya manusia adalah dengan membangun ketahanan digital teknologi melalui pendidikan. Salah satu mata pelajaran yang dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi seperti yang diharapkan era revolusi 4.0 salah satunya adalah mata pelajaran fisika. Kenyataan yang ditemukan dilapangan ternyata masih belum memenuhi tuntutan era revolusi 4.0 dalam pencapaian aspek kompetensi peserta didik. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan e-modul menggunakan model Inquiry Based Online Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kualitas dari e-modul fisika model Inquiry Based Online Learning dalam aspek validitas, praktikalitas dan efektivitas untuk meningkatkan kompetensi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan Plomp yang terdiri dari Preliminary Research, Development or Prototyping Phase, Assesment Phase. Uji coba dilakukan di SMAN 1 Koto Baru Dharmasraya. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar praktikalitas, soal tes akhir dan lembar penilaian keterampilan. Data yang diperoleh pada tahap analisis, validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Pada uji efektivtas data aspek pengetahuan dan keterampilan menggunakan analisis uji t dan uji man Whitney. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dinyatakan tiga hasil penelitian. Pertama, e-modul fisika model Inquiry Based Online Learning adalah valid dengan nilai aiken 0,84. Kedua, e-modul fisika model Inquiry Based Online Learning adalah praktis menurut guru dan peserta didik dengan nilai 85,91 dan 89,98 dengan kriteria baik sekali. Ketiga, e-modul fisika model Inquiry Based Online Learning adalah efektif untuk meningkatkan kompetensi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan e-modul fisika model Inquiry Based Online Learning untuk meningkatkan kompetensi peserta didik memenuhi kriteria kualitas generic dalam aspek validitas, praktikalitas dan efektivitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUsmeldi, UsmeldiUNSPECIFIED
CorrectorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorYohandri, YohandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:41
Last Modified: 27 Sep 2023 07:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46945

Actions (login required)

View Item View Item