Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Kelas VIII SMP/MTs

Putri, Armelia (2023) Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Armelia_Putri_17231041_2296_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran IPA terpadu dalam konsep tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan masih ditemukan berbagai permasalahan, diantaranya keterbatasan bahan ajar yang ada. Umumnya terdiri dari buku teks dan LKS yang terkadang tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum, karakteristik peserta didik, lingkungan sosial peserta didik, dan kurang menyediakan tempat yang cukup bagi peserta didik bekerja. Kurang tersedianya bahan ajar yang berkualitas, membuat pembelajaran cenderung berpusat pada guru, sehingga pembelajaran terkesan monoton, dan timbul kejenuhan pada peserta didik. Akibatnya peserta didik menjadi malas dalam mengikuti pelajaran IPA. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar yang dapat mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah bahan ajar berbentuk modul. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan modul IPA terpadu berbasis pendekatan kontekstual yang valid dan praktis untuk materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Sebagai objek penelitian yaitu modul IPA terpadu berbasis pendekatan kontesktual materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan dan subjek uji coba adalah peserta didik kelas VIII MTsN 6 Tanah Datar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi tenaga ahli dan lembar praktikalitas guru dan peserta didik. Pada penelitian ini telah berhasil dibuat modul IPA terpadu berbasis pendekatan kontekstual materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan. Uji validitas yang dilakukan oleh 3 orang validator dalam aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian modul, dan kegrafisan modul menunjukkan bahwa modul IPA terpadu berbasis pendekatan kontekstual yang dihasilkan sangat valid dengan nilai rata-rata 87,41%. Hasil uji praktikalitas dalam aspek mudah digunakan, bermanfaat, dan menarik menunjukkan modul ini sangat praktis bagi guru dan peserta didik dengan nilai rata-rata 86,90% dan 82,13%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYurnetti, YurnettiUNSPECIFIED
CorrectorMuttaqiin, AriefUNSPECIFIED
CorrectorArif, KhairilUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:14
Last Modified: 27 Sep 2023 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46929

Actions (login required)

View Item View Item