Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang

Sari, Tasya Putri (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Tasya_Putri_Sari_19029115_5056_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika, karena pada dasarnya dalam proses pembelajaran matematika peserta didik akan berhadapan dengan masalah yang perlu diselesaikan. Berdasarkan hasil tes di SMP Negeri 7 Padang dapat dilihat bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik tidak aktif dalam proses pembelajaran, model yang digunakan belum mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Problem Based Learning. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 7 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Non-Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Padang, dengan kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil analisis data untuk pengujian hipotesis, ditemukan bahwa pada taraf signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorRani, Maulani MeutiaUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:17
Last Modified: 26 Sep 2023 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46925

Actions (login required)

View Item View Item