Pengaruh Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi

Nabila, Vania Putri (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Vania_Putri_Nabila_18029094_3287_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang sangat penting adalah memahami konsep matematika. Namun, berdasarkan hasil tes yang dilakukan di kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pendidik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah model pembelajaran kooperatif tipe Connecting, Organizing, Reflecting, Extending. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Connecting, Organizing, Reflecting, Extending lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Non-equivalent Posttest-only Kontrol Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis berbentuk soal essay. Hasil tes tersebut dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney karena salah satu sampel tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis, menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 diperoleh P-value 0,0209, karena P-value < 0,05, maka tolak H 0 . Dengan demikian disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Connecting, Organizing, Reflecting, Extending memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik terutama pada indikator 1-6, namun pada indikator 7 dan 8 masih perlu diperbaiki. .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:54
Last Modified: 26 Sep 2023 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46921

Actions (login required)

View Item View Item