Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Sub Materi Transpor Membran Sel di SMAN 6 Padang

Zhafira, Zhafira (2023) Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Sub Materi Transpor Membran Sel di SMAN 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Zhafira_19031120_3377_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan Proses Sains (KPS) merupakan sejumlah keterampilan dalam proses memperoleh dan mengembangkan pemahaman konsep peserta didik. KPS peserta didik penting untuk dikembangkan, akan tetapi pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, khususnya bidang pendidikan serta upaya pengembangan KPS peserta didik. Hal ini sejalan dengan hasil wawancara terhadap salah seorang guru biologi SMAN 6 Padang, pembelajaran biologi berbasis daring belum optimal terlaksana serta belum maksimal mengembangkan KPS peserta didik, salah satunya pada sub materi transpor membran sel. Melalui KPS, peserta didik mendapatkan pengalaman belajar secara utuh berhubungan dengan aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Oleh karena itu, KPS penting untuk dilakukan pengukuran karena memiliki relevansi yang erat dengan proses dan optimalisasi pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis KPS peserta didik pada pembelajaran biologi sub materi transpor membran sel di SMAN 6 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA SMAN 6 Padang. Sampel penelitian terdiri dari 64 orang peserta didik yang telah melaksanakan pembelajaran transpor membran sel yang tersebar dalam 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal uraian (essay) yang telah valid dan reliabel. Indikator KPS yang diukur yaitu mengamati, mengklasifikasi, meramalkan, menafsirkan, berkomunikasi, mengajukan pertanyaan, mengajukan hipotesis, menerapkan konsep dan merencanakan percobaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan data Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik pada pembelajaran biologi sub materi transpor membran sel di SMAN 6 Padang berada pada kategori cukup dengan rata-rata persentase 57,78%. Indikator tertinggi yaitu mengklasifikasi pada kategori sangat baik dengan persentase 82,81% dan indikator terendah yaitu berkomunikasi pada kategori sangat kurang dengan persentase 19,53%. Indikator lainnya berada pada kategori baik yaitu mengamati, meramalkan, mengajukan pertanyaan dan merencanakan percobaan. Pada kategori cukup terdapat dua indikator yaitu menafsirkan dan berhipotesis. Terdapat satu indikator dalam kategori kurang yaitu menerapkan konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:21
Last Modified: 26 Sep 2023 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46919

Actions (login required)

View Item View Item