Desain Game Edukasi Fisika Bermuatan Literasi Saintifik dan Etnosains pada Materi Hukum Newton tentang Gerak

Socrates, Tegar Putra (2023) Desain Game Edukasi Fisika Bermuatan Literasi Saintifik dan Etnosains pada Materi Hukum Newton tentang Gerak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Tegar_Putra_Socrates_19033133_3453_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Perkembangan IPTEK pada era revolusi 4.0 telah mengubah tuntutan dunia pendidikan. Saat ini hadirlah sebuah kurikulum baru, yaitu kurikulum merdeka. Sistem pendidikan nasional menuntut siswa memiliki kompetensi literasi saintifik untutk dapat menghadapi tantangan era saat ini. Aktualisasi kurikulum merdeka menekankan pembentukan profil pelajar Pancasila. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran. Penyesuaian kurikulum ini membutuhkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Namun, faktanya masih minim guru yang melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi khususnya pada mata pelajaran Fisika. Salah satu solusi dari masalah ini adalah dengan mengembangkan game edukasi Fisika bermuatan literasi saintifik dan etnosains pada materi hukum Newton tentang gerak. Tujuan penelitian adalah menentukan karakteristik, validitas, dan praktikalitas terhadap game edukasi Fisika bermuatan literasi saintifik dan etnosains pada materi hukum Newton tentang gerak. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian Development Research menggunakan model Plomp. Penelitian dibatasi sampai tahap Development or Prototyping Phase pada tahap one to one. Sumber data diperoleh dari hasil validasi tenaga ahli oleh dosen Fisika FMIPA UNP. Sumber data kepraktisan one to one diperoleh dari siswa kelas X SMAN 1 Padang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar analisis kebutuhan siswa, lembar self evaluation, lembar uji validitas dan lembar uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil pada tahap preliminary research terdapat permasalahan pemahaman konsep siswa rendah dan diperlukannya pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi. Pada Development or Prototyping Phase telah didesain game edukasi Fisika yang bermuatan literasi saintifik dan etnosains. Hasil self evaluation diperoleh dengan kriteria lengkap. Hasil uji validitas materi dan media diperoleh rata-rata 0,90 dengan kategori validitas tinggi. Hasil uji kepraktisan one to one diperoleh nilai rata-rata sebesar 91,88 dengan kategori sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa game edukasi Fisika bermuatan literasi saintifik dan etnosains adalah valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran Fisika pada materi hukum Newton tentang gerak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, RahmatUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:09
Last Modified: 26 Sep 2023 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46917

Actions (login required)

View Item View Item