Widyanda, Wica (2023) Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase E di SMAN 1 Banuhampu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_07_wica_widyanda_19035122_4517_2023.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran saat ini menerapakan kurikulum merdeka, dimana salah satu tuntutannya dengan mengembangkan potensi dan karakteristik peserta didik sesuai bakat dan minat. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka adalah model guided discovery learning (GDL). Model GDL ini memerlukan bahan ajar yang menunjang proses pembelajaran, salah satunya adalah modul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan modul sifat keperiodikan unsur berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik fase E di SMAN 1 Banuhampu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari delapan kelas yang berjumlah 286 orang peserta didik kelas fase E tahun ajaran 2022/2023 di SMAN 1 Banuhampu. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dan terpilih E2 sebagai kelas eksperimen dan E7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes yang berjumlah 17 soal yang terdiri dari pilihan ganda tunggal, pilihan ganda majemuk, menjodohkan, benar salah, dan essay. Soal yang digunakan sudah memenuhi kategori soal yang valid, reliabel, daya pembeda, dan indeks kesukaran yang baik. Data hasil belajar yang telah diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh n-gain kelas eksperimen sebesar 0,73 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,67 dengan kategori sedang. Selain itu, data terdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen, sehingga uji hipotesis dilakukan menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh sig(2-tailed) < 0,05 yang berarti H 0 ditolak dan H 1 diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan modul sifat keperiodikan unsur berbasis guided discovey learning berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar belajar peserta didik fase E di SMAN 1 Banuhampu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2023 04:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Sep 2023 04:09 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46916 |
Actions (login required)
View Item |