Evaluasi Program Literasi baca Tulis di Rumah Baca Teras Talenta Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Selvia, Defrika Rama (2023) Evaluasi Program Literasi baca Tulis di Rumah Baca Teras Talenta Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_DEFRIKA_RAMA_SELVIA_19234004_5503_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi program literasi baca tulis di Rumah Baca Teras Talenta Kecamatan Padang Utara Kota Padang dengan menggunakan model evaluasi CIPP yang terdiri dari empat aspek yaitu konteks, input, proses dan produk. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan didapatkan melalui teknik purposive sampling. Informan pada penelitian ini berjumlah enam orang yang terdiri dari satu orang pembina rumah baca, dua orang pengelola rumah baca dan tiga pengunjung yang aktif dalam melakukan kegiatan literasi di Rumah Baca Teras Talenta dengan rentang usia 11-12 tahun. Instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi program literasi baca tulis di Rumah Baca Teras Talenta yaitu: (1) Aspek konteks yang telah dilaksanakan secara keseluruhan telah cukup baik, dilihat pada landasan hukum yang digunakan dan latar belakang dan tujuan program yang telah selaras serta dalam program literasi yang dilakukan sesuai kebutuhan dari sasaran program yaitu anak-anak pengunjung Rumah Baca Teras Talenta, dalam kerjasama dengan pihak terkait; (2) Aspek input pada pelaksaan program literasi secara keseluruhan telah dilaksanakan cukup baik dilihat dari penyusunan program kegiatan yang telah tersusun dengan baik dengan kebutuhan dari pengunjung yang terdiri dari kegiatan sehari-hari yang dinamakan Teras Talenta Weekly Planner, kegiatan lomba dan wisata literasi, dalam jadwal kegiatan dilaksanakan sesuai jadwal pengunjung; (3) Aspek proses pada kegiatan literasi telah dilaksanakan secara keseluruhan dengan cukup baik, dapat dilihat dari ruang lingkup program literasi, pelayanan program yang diberikan oleh pengelola kepada anka-anak, dan adanya jurnal kegiatan harian dan absen yang diisi oleh pengelola ketika melaksanakan program literasi, dan hambatan program yang telah ada seperti beberapa situasi baik dari pengelola maupun pengunjung; (4) Aspek produk dalam kegiatan literasi secara keseluruhan cukup baik, dilihat dari ketercapaian target dengan hasil dari program literasi cukup baik pada menumbuhkan kreatifitas dan bakat pada anak akan tetapi pada membentuk karakter pada anak masih belum tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LITERASI BACA TULIS
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:09
Last Modified: 26 Sep 2023 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46911

Actions (login required)

View Item View Item