Hamdi, Hiyal (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_7_HIYAL_HAMDI_19329100_4971_2023.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum merdeka ditetapkan sejak tahun 2022 dalam rangka pemulihan pembelajaran dan perbaikan dari kurikulum sebelumnya , namun pada penerapannya tidak selalu berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan sebelumnya. Sudah banyak sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka, termasuk SMAN 8 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji : 1) Perencanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI di SMAN 8 Padang. 2) Pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI di SMAN 8 Padang. 3) evaluasi penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI di SMAN 8 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Waktu pelaksanaan penelitian berlangsung dari bulan Mei sampai Agustus 2023. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan dua orang guru Pendidikan Agama Islam kelas X atau Fase E di SMAN 8 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, oservasi, dan dokumentasi. Setelah itu data di analisis dan di uji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI itu terdiri dari mempelajari kurikulum merdeka, analisis karakteristik peserta didik, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun rencana pembelajaran, dan berkolaborasi dengan guru. 2) Pada tahap pelaksanaan penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI, guru sudah menerapkan sesuai dengan karakteristik yang ada pada kurikulum merdeka yaitu pembelajaran berbasis projek, berpusat pada materi esensial, dan pembelajaran yang fleksibel. 3) Evaluasi dilakukan oleh kepala sekolah dengan mengevaluasi modul ajar dan kegiatan belajar mengajar di kelas pada mata pelajaran PAI, sedangkan guru PAI mengevaluasi pembelajaran di kelas dengan menggunakan tes formatif dan sumatif dan digabungkan untuk menjadi hasil akhir ketercapaian peserta didik. Untuk itu, guru disarankan agar lebih memahami dan mendalami kurikulum merdeka mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi berdasarkan pada karakteristik peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA | ||||||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LC Special aspects of education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2023 01:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Sep 2023 01:54 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46908 |
Actions (login required)
View Item |