Brand Identity “Baker Lab

Ramadhan, Axel Gema (2023) Brand Identity “Baker Lab. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_09_AXEL_GEMA_RAMADHAN_17027062_4348_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perancangan visual indentity Baker Lab adalah merancang logo sebagai identitas yang bertujuan untuk menentukan elemen visual yang berbeda dari kompetitor lain untuk mendapatkan citra Baker Lab yang khas di mata khalayak sasaran, mendesain beberapa media pendukung seperti poster, roll-banner, kartu nama, stiker, kaos oblong, tumbler. Perancangan ini menggunakan metode glass box.Pengumpulan data menggunakan data primer berupa observasi lapangan, wawancara dandata sekunder berupa dokumentasi, kepustakaan. Metode analisis data dalam karya ini adalahkekuatan (strenght), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threat). Pendekatan kreatif dalam perancangan identitas visual Baker Labini adalahgeografis, demografis, psikografis, tujuan kreatif dan program kreatif. Media utama yang dijadikan sebagai identitas untuk perancangan identitas visual ini adalah logo Baker Lab sedangkan media pendukung berupa poster, roll-banner, kartu nama, sticker, baju kaos dan tote bag. Pembentukan identitas visual identity Baker Lab, diselaraskan dengan target audience yang ingin dituju, sehingga perancangan media yang dipilih tepat pada sasarannya. Hal ini berkaitan dengan bentuk, warna, gaya desain yang nanti melahirkan persepsi sendiri di benak target audience. Dalam proses perancangan Baker Lab, penulis banyak mempertimbangkan bentuk, warna, serta tipografi agar dapat mencapai tujuan produk dalam sebuah identitas. Pemilihan bentuk logogram yang terinspirasi dari bentuk rumah, asap dan kue melalui tahapan sketsa dan menjadi sebuah logogram. Kemudian Logotype menggunakan font Cooper Black sebagai logotype tersebut, perancangan logotype menggunakan jenis font yang memberikan kesan simple, dan tegas. Pemilihan warna orange untuk identitas Baker Lab ini memberikan kesan kehangatan, kreatif, dan bahagia, dan coklat melambangkan warna kue yang aman, nyaman dan hangat. Visual identity Baker Lab ini diterapkan pada media utama berbntuk Book Guideline serta media pendukung seperti Poster, Roll Banner, Kartu Nama, Tote Bag, Stiker, dan Baju Kaos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKamal, M. NasrulUNSPECIFIED
CorrectorAfriwan, HendraUNSPECIFIED
CorrectorAhdi, SanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAKER LAB, USAHA KUE RUMAHAN
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:03
Last Modified: 25 Sep 2023 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46902

Actions (login required)

View Item View Item