Pengembangan E-Puzzle sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Ilhami, Silvira (2023) Pengembangan E-Puzzle sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_SILVIRA_ILHAMI_18031083_2418_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan era revolusi industri 4.0 sangat pesat, termasuk inovasi di bidang pendidikan. Inovasi pembelajaran dapat memudahkan peserta didik mempelajari materi yang disampaikan guru, tentunya dengan memanfaatkan media teknologi informasi. Seorang guru harus bisa memilih media pembelajaran yang cocok agar mudah dimengerti dan menarik bagi peserta didik. Materi sel adalah materi yang sulit dan membutuhkan banyak gambar dalam memahami materi tersebut. Media e-puzzle dapat dijadikan sebagai solusi alternatif dan media pembelajaran yang inovatif untuk merangsang keaktifan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-puzzle sebagai media pembelajaran biologi pada materi sel untuk peserta didik kelas XI SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian yaitu 36 orang peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Padang dan satu orang guru biologi SMA Negeri 7 Padang sebagai responden uji praktikalitas dalam penggunaan media e-puzzle dan divalidasi oleh dua orang dosen biologi Universitas Negeri Padang dan satu orang guru biologi SMA Negeri 7 Padang. Objek penelitian ini adalah e-puzzle sebagai media pembelajaran biologi pada materi sel untuk peserta didik kelas XI SMA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara dan angket observasi, angket self evaluation, angket validasi, angket one to one evaluation, angket small group evaluation dan angket praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai validasi 88,17% dengan kriteria sangat valid dan nilai praktikalitas 92,81% dari guru, 95,09% dari peserta didik dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa e-puzzle sebagai media pembelajaran biologi pada materi sel untuk peserta didik kelas XI SMA yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
CorrectorRahmawati, DUNSPECIFIED
CorrectorAtifah, YusniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:48
Last Modified: 25 Sep 2023 03:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46885

Actions (login required)

View Item View Item