Pengembangan Modul Ajar Mutasi Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Mata Pelajaran Biologi Fase F SMA/MA

Wulandari, Sinta (2023) Pengembangan Modul Ajar Mutasi Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Mata Pelajaran Biologi Fase F SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Sinta_Wulandari_19031045_3392_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka memberikan ruang kepada pendidik dalam mengembangkan modul ajar sebagai perangkat ajar. Dalam pengembangannya pendidik dapat memilih, membuat, mengembangkan dan memodifikasi modul ajar yang akan dijadikan acuan oleh pendidik pada proses pembelajaran. Modul ajar tersebut nantinya akan dijadikan panduan oleh pendidik dalam merancang kegiatan pembelajaran. Namun dalam pengembangan modul ajar harus disesuaikan berdasarkan karakteristik peserta didik dan panduan pembelajaran dan asesmen. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan perangkat ajar berupa modul ajar khususnya pada materi mutasi yang nantinya mampu membantu pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research And Development (R & D) dengan menggunakan 4-D Models (define, design, develop, dan disseminate) yang dibatasi sampai tahap develop. Subjek penelitian ini yaitu 2 orang dosen departemen biologi FMIPA UNP, 3 orang guru biologi SMAN 1 Batang Anai. Objek penelitian adalah modul ajar mutasi berbasis problem based learning (PBL) untuk mata pelajaran biologi fase F SMA/MA. Berdasarkan hasil observasi terhadap pendidik dijelaskan terdapat permasalahan yang dirasakan oleh pendidik dalam penerapan kurikulum merdeka yaitu belum tersedianya modul ajar kurikulum merdeka khususnya pada materi mutasi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Hasil uji validitas modul ajar adalah 91,00% dengan kategori sangat valid dan hasil uji keterbacaan adalah 90,97% dengan kategori sangat terbaca. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa modul ajar mutasi berbasis problem based learning (PBL) untuk mata pelajaran biiologi fase F SMA/MA sudah valid dan terbaca sangat baik sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan pendidik disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:47
Last Modified: 25 Sep 2023 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46884

Actions (login required)

View Item View Item