Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Terhadap Hasil Belajar Siswa Fase E SMA/MA

Anggraini, Sofia (2023) Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Terhadap Hasil Belajar Siswa Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Sofia_Anggraini_18035040_3003_2023-.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tersedianya media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi sifat keperiodikan unsur yang sudah diuji validitas serta praktikalitasnya, namun belum diuji efektivitas nya. Sehingga, perlu dilakukan uji efektivitas untuk mengetahui seberapa efektif media PowerPoint-iSpring dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi sifat keperiodikan unsur terhadap hasil belajar siswa Fase E SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian Research & Development (R&D) menggunakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen yaitu Non Equivalen Control Group Design. Populasi terdiri dari seluruh siswa Fase E SMAN 5 Solok Selatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan kelas yang terpilih yaitu E.3 sebagai kelas eksperimen dan E.1 sebagai kelas kontrol, kedua kelas tersebut homogen dalam hal kemampuan kognitif. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 butir. Analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji Hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil bahwa uji N-gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan kriteria sedang. Uji hipotesis diperoleh nilai (sig) < 0,05 yaitu sig (2-tailed) 0,0001. Analisis data tersebut menyimpulkan bahwa hipotesis diterima artinya media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting efektif meningkatkan hasil belajar siswa Fase E SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:30
Last Modified: 25 Sep 2023 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46881

Actions (login required)

View Item View Item