Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis LSLC Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemanasan Global Kelas X SMA Penggerak

Maharani, Sri (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis LSLC Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemanasan Global Kelas X SMA Penggerak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_SRI_MAHARANI_18035165_3301_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang berkualitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan model dan sistem pembelajaran yang sesuai. Model Pembelajaran PBL berbasis LSLC dapat dijadikan solusi yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh dari model PBL berbasis LSLC terhadap hasil belajar dalam aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa terhadap materi pemanasan global kelas X SMAN 2 Padang. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan Posttest-Only Control design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis didapatkan data hasil belajar siswa berdistribusi normal dan memiliki varian homogen untuk hasil belajar pengetahuan, keterampilan dan sikap. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Pada uji hipotesis untuk hasil belajar pengetahuan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 sehingga Ho ditolak. Pada uji hipotesis untuk hasil belajar keterampilan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.005 sehingga Ho ditolak. Pada uji hipotesis untuk hasil belajar sikap didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.03 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian, hasil belajar penegetahan, keterampilan dan sikap peserta didik pada kelas yang menerapkan model PBL berbasis LSLC pada materi pemanasan global lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar penegetahan, keterampilan dan sikap peserta didik yang tidak menerapkan model PBL berbasis LSLC pada kelas X SMAN 2 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:20
Last Modified: 25 Sep 2023 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46879

Actions (login required)

View Item View Item