Penggunaan Metode Wafa dalam Pembelajaran Alquran di Sekolah Dasar Islam Khaira Ummah Kota Padang

Santiago, Deri (2023) Penggunaan Metode Wafa dalam Pembelajaran Alquran di Sekolah Dasar Islam Khaira Ummah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_DERI_SANTIAGO_18329007_3319_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Belajar Alquran merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim, karena akan terkait dengan rangkaian ibadah ritual seperti sholat, haji, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode wafa dalam pembelajaran Alquran yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data analisis meliputi tahapan penyajian data, dan penarikan kesimupulan. Hasil penelitian menunjukkan di Sekolah Dasar Islam Khaira Ummah penggunaan metode wafa dalam pembelajaran Alquran dilaksanakan sesuai dengan buku panduan wafa dengan catatan masih belum maksimalnya penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran yang disebabkan minimnya alat peraga. Perencanaan dilakukan dengan membuat RPP, pelaksanaan pembelajaran dibagi menjadi tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi menggunakan evaluasi sumatif (ketika pembelajaran berlangsung) dan formatif (ketika telah selesai pada satu bab).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKosasih, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
CorrectorAl, IkhlasUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE WAFA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:04
Last Modified: 22 Sep 2023 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46874

Actions (login required)

View Item View Item