Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung (DirectInstruction) pada Mata Pelajaran NC/CNC dan CAM di Kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Amry, Said Fuad (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung (DirectInstruction) pada Mata Pelajaran NC/CNC dan CAM di Kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_SAID_FUAD_AMRY_18067020_1243_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi dasar yang perlu dimiliki peserta didik berdasarkan kurikulum 2013 adalah kemampuan memahami informasi dan konsep dengan kata-kata mereka sendiri. Melalui penggunaan model directinstruction, penelitian ini berupaya menumbuhkan hasil belajar peserta didik di pembelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM Kelas XI TP-2 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian dilangsungkan memakai metode classroomactionresearch (CAR) dengan permodelan tindakan kelas. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas XI TP-2 bertotal 14 orang peserta didik. Pelaksanaan research dilakukan bulan Agustus sampai September 2022 terdiri dari dua siklus uji tahapan. Instrumen penelitian memakai soal tes objektif berdasarkan data hasil belajar peserta didik penelitian siklus II memakai model pembelajaran secara langsung memperlihatkan terdapat pertumbuhan dibandingkan pada siklus I. Peningkatan hasil pelajaran setiap siklusnya tampak dari hasil tes soal opsi ganda. Hasil penelitian diperlihatkan pada siklus I terperoleh rata-rata nilai sebesar 76,07 dan terjadinya pertumbuhan pada siklus II jadi 81,01. Persentase kelulusan klasikal siklus I sebanyak 71% dan mengalami pertumbuhan siklus II jadi 93%, sesuai dengan indikator ketercapaian yang sudah diatur rinci peneliti yaitu nilai KKM 75 dengan kelulusan klasikal minimal 85%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan pertumbuhan hasil belajar di peserta didik pada pembelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM dengan memakai model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwizet, ArwizetUNSPECIFIED
CorrectorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENELITIAN TINDAKAN KELAS, PEMBELAJARAN LANGSUNG , HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Sep 2023 04:03
Last Modified: 22 Sep 2023 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46857

Actions (login required)

View Item View Item