Klasifikasi Status Kerja pada Angkatan Kerja di Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021 Menggunakan Algoritma Classification and Regression Tree

Wahyuni, Riza (2023) Klasifikasi Status Kerja pada Angkatan Kerja di Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021 Menggunakan Algoritma Classification and Regression Tree. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_RIZA_WAHYUNI _19037067_3641_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Masalah ketenagakerjaan dan pengangguran merupakan faktor yang menghambat pertumbuhan ekonomi di negara maju dan negara berkembang. Hal ini disebabkan karena terjadinya ketidakseimbangan jumlah penduduk angkatan kerja dengan kesempatan kerja yang akan mengakibatkan tingginya tingkat pengangguran terbuka. Peningkatan jumlah angkatan kerja akan berdampak pada status kerja yaitu bekerja dan tidak bekerja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk model dari klasifikasi status kerja pada angkatan kerja dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap status kerja pada angkatan kerja di Kepulauan Riau tahun 2021. Metode CART adalah salah satu metode atau algoritma dari teknik pohon keputusan. CART menghasilkan kumpulan data yang akurat sebagai karakteristik dalam mengklasifikasikan status kerja pada angkatan kerja. Jenis penelitian ini tergolong penelitian terapan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari hasil SAKERNAS Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel respons (Y) status angkatan kerja dan variabel penjelas (X) yaitu usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status dalam rumah tangga, status perkawinan, tempat tinggal dan pelatihan kerja. Hasil penelitian menggunakan metode CART menghasilkan sebuah diagram pohon yang terdiri dari 5 terminal node, 3 diantaranya memiliki label kelas bekerja dan 2 diantaranya memiliki label kelas tidak bekerja (pengangguran). Berdasarkan hasil terminal node tersebut diperoleh faktor-faktor yang berpengaruh terhadap status kerja pada angkatan kerja di Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021 yaitu status perkawinan, tempat tinggal, tingkat pendidikan dan jenis kelamin. Selanjutnya diperoleh akurasi ketepatan model klasifikasi pada penelitian ini secara tepat sebesar 71,65%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
CorrectorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorZilrahmi, ZilrahmiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:42
Last Modified: 22 Sep 2023 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46855

Actions (login required)

View Item View Item