Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terstruktur Menggunakan LMS Moodle pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA

Kirani, Putri (2023) Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terstruktur Menggunakan LMS Moodle pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Putri_Kirani_19035163_4501_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Laju reaksi adalah materi yang berhubungan dengan cepat lambatnya suatu reaksi. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, laju reaksi merupakan materi yang sulit karena bersifat abstrak. Peserta didik membutuhkan bahan ajar untuk membimbingnya menemukan konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terstruktur menggunakan LMS Moodle materi laju reaksi valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Education Design Research (EDR) dengan model pengembangan Plomp. Penelitian dilakukan hingga tahap uji praktikalitas. Validitas e-modul dilakukan oleh 5 validator dan praktikalitas dilakukan oleh 2 guru dan 6 orang peserta didik SMA N 1 Lubuk Sikaping. Validitas menggunakan formula Aiken’s V menghasilkan 0,87 dengan kategori valid. Hasil praktikalitas adalah 99,6% oleh guru dan 90,7% oleh peserta didik dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan e-modul valid dan praktis untuk digunakan sebagai pembelajaran laju reaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAzhar, MindaUNSPECIFIED
CorrectorAini, SyamsiUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:19
Last Modified: 21 Sep 2023 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46820

Actions (login required)

View Item View Item