Pembelajaran dengan Sistem Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Discord pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA

Ananda, Restu (2023) Pembelajaran dengan Sistem Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Discord pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_RESTU_ANANDA_19035104_4172_2023_.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran abad 21 berbasis kurikulum merdeka dilakukan dengan memperhatikan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Oleh karena itu, guru maupun peserta didik dituntut untuk dapat menjalankan pembelajaran dengan situasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kevalidan dan kepraktisan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing menggunakan Discord pada materi kesetimbangan kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Educational Design Research (EDR) dengan model Plomp. Subjek dalam penelitian ini yaitu dosen dan guru kimia sebagai pakar ahli, serta 12 orang siswa kelas XI SMAN 8 Padang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validitas konten dan validitas konstruk yang kemudian diolah menggunakan rumus Aiken's V, sedangkan untuk uji praktikalitas digunakan angket respon guru dan siswa yang hasilnya dinyatakan dalam persentase kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai V untuk validitas konten dan validitas konstruk sebesar 0,88 dan 0,89 dengan kategori valid. Hasil kepraktisan menunjukkan nilai 92% untuk siswa dan 93% untuk guru dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa sistem pembelajaran yang dibuat dapat diterapkan dan bermanfaat untuk pembelajaran. Kata Kunci: Flipped Classroom, Inkuiri Terbimbing, Discord, Kesetimbangan Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorZainul, RahadianUNSPECIFIED
CorrectorSuryani, OktaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:19
Last Modified: 21 Sep 2023 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46819

Actions (login required)

View Item View Item