Peningkatan Kemampuan Bina Diri Menyebrang Jalan Bagi Anak Tunagrahita Ringan Melalui Metode Role Playing Kelas VII SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang

Yanti, Defri Rahma (2023) Peningkatan Kemampuan Bina Diri Menyebrang Jalan Bagi Anak Tunagrahita Ringan Melalui Metode Role Playing Kelas VII SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_DEFRI_RAHMA_YANTI_19003056_3394_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muhammadiyah Pauh IX Padang pada guru kelas tunagrahita ringan VII-C. Guru hanya menggunakan metode ceramah, sedangkan kemampuan bina diri penting dalam kehidupan sehari-hari anak. Akibat dari pola pengajaran guru tersebut berdampak pada rendahnya kemampuan anak, dalam kelas VII-C ada dua orang anak yang mengalami masalah dalam menyebrang jalan, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan dan membuktikan efektif metode role playing dalam Peningkatan kemampuan bina diri menyebrang jalan bagi anak tunagrahita ringan kelas VII. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi peneliti dengan guru kelas. Peneliti menggunakan metode role playing untuk membantu anak dalam menyebrang jalan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus ada empat tahap terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini digambarkan dalam bentuk narasi maupun grafik yang menggambarkan Peningkatan kemampuan bina diri menyebrang jalan bagi anak tunagrahita ringan melalui metode role playing kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan awal anak yaitu ARP 25% dan H 12,5% setelah dilaksanakan siklus I mendapatkan rekapitulasi nilai ARP 54 % dan H 50 % dan siklus II dengan rekapitulasi nilai ARP 87,5% dan H 83,39%. Hal ini sesuai dengan tujuan penelitian pembelajaran menggunakan metode role playing dapat peningkatan kemampuan bina diri menyebrang jalan bagi anak tunagrahita ringan melalui metode role playing kelas VII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmain, AlmhUNSPECIFIED
CorrectorRahmahsilvia, RahmahsilviaUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:18
Last Modified: 21 Sep 2023 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46807

Actions (login required)

View Item View Item