Pengembangan E-Modul Sejarah Lokal Kerajaan Inderapura Untuk Kelas X Model ADDIE

Sakti, Dandy Tria (2023) Pengembangan E-Modul Sejarah Lokal Kerajaan Inderapura Untuk Kelas X Model ADDIE. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_DANDY_TRIA_SAKTI_16046046_2046_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagai usaha dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah di sekolah. Pengembangan e-modul sejarah lokal yang mampu membantu siswa untuk belajar secara mandiri, serta memberikan siswa e-modul Sejarah Indonesia yang bermuatan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan e-modul sejarah lokal yang layak dan praktis untuk pembelajaran sejarah Indonesia. 2) Mengembangkan e-modul sejarah lokal yang dapat meningkatkan kesadaran sejarah siswa mengenai sejarah yang ada dilingkungan sekitar mereka. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan langkah model ADDIE. Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 2 Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Sebelum diujicobakan, e-modul melalui proses uji kelayakan oleh 2 orang dosen yang masing-masingnya berperan sebagai validator ahli materi dan validator ahli e-modul. Pada uji kepraktisan, e-modul kemudian memperoleh penilaian dari 1 orang guru mata pelajaran Sejarah Indonesia, dan 15 siswa untuk melihat seberapa praktis e-modul sejarah lokal ketika digunakan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari E-Modul Sejarah Lokal, Angket Uji Validasi Materi dan E-modul, Angket Uji Praktikalitas untuk Guru dan Siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Dihasilkan produk berupa E-Modul Sejarah Lokal dengan materi tentang Kerajaan Inderapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan e-modul berdasarkan penilaian ahli e-modul menunjukkan bahwa e-modul layak untuk digunakan dengan nilai yang diperoleh dari nilai maksimal 4 yaitu 3,52 pada penilaian tahap pertama dan 3,68 pada penilaian tahap kedua. Sedangkan kelayakan e-modul berdasarkan penilaian ahli materi yaitu 3,23 pada penilaian tahap pertama dan 3,88 pada penilaian tahap kedua. E-modul juga dinilai praktis oleh guru dan siswa yang mana oleh guru diperoleh nilai 3,90 sedangkan dengan siswa diperoleh rata-rata 3,43583.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
CorrectorZafri, ZafriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:19
Last Modified: 21 Sep 2023 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46797

Actions (login required)

View Item View Item