Pengembangan E-Bahan Ajar Menggunakan Canva dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Melatih Keterampilan Mengidentifikasi Kesinambungan dan Perubahan Siswa SMA

Pratama, Canja Putri (2023) Pengembangan E-Bahan Ajar Menggunakan Canva dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Melatih Keterampilan Mengidentifikasi Kesinambungan dan Perubahan Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_CANJA_PUTRI_PRATAMA_19046012_3425_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya buku teks dan bahan ajar dalam pembelajaran sejarah yang menekankan pada keterampilan mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan peristiwa sejarah serta rendahhnya keterampilan mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan siswa terhadap pembelajaran sejarah. Keterampilan mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan dalam peristiwa sejarah merupakan salah satu bagian dari historical thinking skills yang harus dimiliki oleh siswa. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui cara mengembangkan e-bahan ajar yang mampu melatih keterampilan mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan peristiwa Sejarah. (2) Mengetahui Kelayakan e-bahan ajar dapat membantu siswa mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan dalam peristiwa sejarah. (3) Mengetahui Praktikalitas e-bahan ajar dapat membantu siswa mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan dalam peristiwa sejarah. Metode penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development/ R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE terdiri dari 5 proses yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Kelayakan e-bahan ajar (Validasi Produk) dilakukan pada ahli materi dan ahli bahan ajar. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan pada Guru mata pelajaran Sejarah dan Siswa Kelas X SMAN 2 Basa Ampek Balai. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari pengukuran skala, yaitu Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) e-bahan ajar di rancang dengan menggunakan Canva untuk melatih keterampilan mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan siswa SMA; (2) kelayakan e-bahan ajar secara garis besar berada pada kategori sangat layak dan mampu membantu siswa mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan pada pembelajaran sejarah, dan (3) Praktikalitas e-bahan ajar secara keseluruhan pada kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa e-bahan ajar yang dikembangkan dapat membantu guru dalam melatih keterampilan mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan itu dibuktikan dengan hasl uji validitas dan uji praktikalitas yang menunjukan bahwa e-bahan ajar sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran sejarah untuk membantu guru dalam melatih keterampilan mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-BAHAN AJAR MENGGUNAKAN CANVA
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:24
Last Modified: 20 Sep 2023 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46790

Actions (login required)

View Item View Item