Penggunaan Metode Wahdah dalam Pembelajaran Tahfidzul Quran di MDTA Darul Quran Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin

Fajriyani, Vivi Kautsar (2022) Penggunaan Metode Wahdah dalam Pembelajaran Tahfidzul Quran di MDTA Darul Quran Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_VIVI_KAUTSAR_FAJRIYANI_18329031_8089_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Menghafal Alquran dalam Agama Islam merupakan sesuatu perbuatan yang memiliki nilai positif dan dapat meningkatkan ketakwaan terhadap Sang Pencipta. Untuk menghafal Alquran kita dapat memilih metode yang bisa digunakan sehingga dapat membantu mempermudah dan memberikan kualitas yang baik dalam menghafal Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penggunaan metode wahdah di MDTA Darul Quran, 2) mengetahui pelaksanaan penggunaan metode wahdah di MDTA Darul Quran, 3) mengetahui evaluasi penggunaan metode wahdah di MDTA Darul Quran. Metodeyang digunakan peneliti adalah metode kualitiatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di MDTA Darul Quran Kecematan Pantai Cermin. Pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara, dan dokuemen. Data yang diperoleh dari penelitian akan direduksi, dan penarikan kesimpulan.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, yaitu pengecekan kembali data dengan teknik yang sama tetapi diwaktu yang berbeda, sehingga mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian menujukkan perencanaan penggunaan metode wahdah dilakukan dengan baik. Diketahui sebelum melaksanakan pembelajaran tahfidzul Quran dengan menggunakan metode wahdah guru yang mengajar terlebih dahulu memeriksa kondisi dan juga keperluan anak dalam menghafal Alquran. Juga dalam pelaksanaan menggunakan metode wahdah dilakukan dengan ketentuan atau tahapan-tahapan yang sesuai sehingga dapat membantu proses menghafal Alquran. Evaluasi penggunaan metode wahda dilakukan dengan cara penyetoran hafalan penghafal kepada guru yang mengajar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas hafalan dari setiap anak, sehingga dengan evalusi seperti ini setiap setoran hariannya dapat meningkatkan kualitas dari setiap hafalan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
CorrectorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
CorrectorMuliati, IndahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:08
Last Modified: 20 Sep 2023 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46776

Actions (login required)

View Item View Item