Penggunaan Model Project-Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah SMAS IT Mutiara Duri

Ikhsan, Annisa Pebriani (2023) Penggunaan Model Project-Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah SMAS IT Mutiara Duri. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ANNISA_PEBRIANI_IKHSAN_19046150_4490_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran sejarah di SMAS IT Mutiara Duri masih teacher centered, akibatnya rendahnya keaktivan belajar siswa dalam proses pembelajaran sejarah, maka diperlukan model pembelajaran yang bersifat student centered. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan model Project-Based Learning, siswa diposisikan sebagai pusat belajar yang aktif sehingga pengalaman belajar siswa dapat lebih mendalam yang akan berdampak pada keaktivan belajar dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penggunaan model Project-Based Learning dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif mengunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Sejarah, dan siswa kelas XI IPS. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penggunaan Project-Based Learning dalam pembelajaran sejarah membuat pembelajaran menjadi menarik dan relevan, siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, model Project-Based Learning dapat meningkatkan aktivitas, minat dan motivasi belajar sejarah, dengan menggunakan Project-Based Learning dinilai efektif dan efisien dan membuat pembelajaran mudah dipahami, karena model dari pembelajaran ini memusatkan pembelajaran kepada siswa. Model Project-Based Learning dapat menambah variasi dalam proses pembelajaran sejarah, materi sejarah dinilai semakin menarik. Model Project-Based Learning dapat mengembangkan keterampilan kolaborasi melalui kerja kelompok dalam proyek, siswa belajar untuk bekerja secara efektif dalam tim, berkomunikasi, mendengarkan, menghargai sudut pandang orang lain, dan mengambil tanggung jawab bersama. Pengunaan model Project-Based Learning membuat peserta didik lebih tertarik pada proses pembelajaran, peserta didik dapat belajar secara aktif melalui pengalaman langsung peserta didik dapat mengekspresikan kreativitas dan menunjukan apa yang telah dipelajari, dan memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHastuti, HeraUNSPECIFIED
CorrectorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:07
Last Modified: 20 Sep 2023 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46773

Actions (login required)

View Item View Item