Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Sawahlunto

Seftya, Rizca Hidayah (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RIZCA_HIDAYAH_SEFTYA_18329211_5571_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi masih banyaknya siswa yang kesulitan dalam membaca Al-Qur'an, melihat permasalahan ini menculnya upaya dari guru PAI bagaimana cara dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur'an pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sawahlunto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kesulitan membca Al-Quran siswa kelas XI di SMA Negeri 1 dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al• Qur'an di SMA Negeri 1 Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dan metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian yaitu yang pertama, upaya dari guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur'an yaitu l) dilakukannya tutor sebaya, 2) menggunakan metode drill dan iqro, 3) tatap muka (face to face), 4) datang ke tempat megaji, 5) diadakannya jam khusus, 6) guru tahsin, 7) pemanggilan orang tua. Kedua, yang menjadi faktor penghambat dan pendukung yaitu adanya faktor internal dan eksternal, sedangkan yang menjadi faktor pendukungnya adalah dari internet seperti youtube atau aplikasi lainnya, radio, dan televisi Islami yang membahas tentang cara membaca Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIkhlas, AlUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
CorrectorKosasih, AhmadUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:07
Last Modified: 20 Sep 2023 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46770

Actions (login required)

View Item View Item